Sabtu, 26 November 2016

persebaran fauna di indonesia

PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA
Fauna atau dunia hewan dipengaruhi oleh keadaan alam, gerakan hewan dan rintangan alam. Fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhel Carl Weber, yaitu :
PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA

1. Fauna tipe asiatis
Berada dibagian Indonesia sampai Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Selat Makassar dan Selat Lombok. Di daerah ini terdapat berbagai jenis hewan yang menyusui dan berukuran besar serta bermacam kera dan ikan air tawar. Contoh jenis fauna yang ditemukan adalah gajah, badak, harimau, beruang matahari, burung heron, burung merak dan orang utan.
2. Fauna peralihan (australia-asiatik)
Terdapat dibagian tengah Indonesia, yaitu Sulawesi dan daerah Nusa Tenggara. Karakteristik hewannya mirip dengan Asia maupun Australia. Di daerah ini juga terdapat jenis hewan seperti kera, babi rusa, burung maleo, anoa, dan kuskus.

3. Fauna tipe australis
Berada dibagian timur Indonesia, seperti Papua dan Kepulauan Aru (bagian timur). Jenis hewan di daerah ini adalah hewan yang menyusui dan berukuran kecil, tidak ada kera, sedikit ikan air tawar, dan banyak jenis burung berwarna. Di daerah ini terdapat hewan seperti kangguru, burung kasuari, kakaktua, dan cenderawasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar