Sabtu, 26 November 2016

pengertian,jenis dan manfaat danau

Danau adalah suatu masa air yang menempati daerah cekungan yang luas (tidak seluas lautan) dan dikelilingi oleh daratan. Danau ada yang airnya tawar dan ada yang airnya asin. Danau berair asin umumnya terdapat di daerah beriklim arid (kering) karena aktivitas penguapan yang terjadi sangat besar, sedangkan penambahan airnya tidak terlalu banyak. Contoh danau laut mati di Israel dan danau Laut Kaspia.

 

Jenis-jenis danau


Menurut proses terjadinya, danau dibedakan menjadi 7 jenis, yaitu danau tektonik, danau vulkanik, danau tekto-vulkanik, dananu karst (dolina), gletser dan danau buatan (waduk).

 

Danau tektonik


Danau tektonik adalah danau yang terjadi akibat adanya peristiwa tektonik pada kulit bumi seperti gempa, patahan, atau lipatan pada permukaan tanah. Contoh : Danau Poso, Tempe, Tondano, Towuti di Sulawesi; Danau Singkarak, Maninjau dan Danau Takengon di Sumatera.

 

Danau vulkanik (danau kawah)


Danau vulkanik adalah jenis danau yang terjadi karena aktivitas vulkanik/ magma seperti yang terdapat pada kawah-kawah gunung api. Contoh Danau Kelimutu, Kawah Bromo, Batur, Kerinci, Kelud, dan Kawah Gunung Kelud.

 

Danau tekto-vulkanik


Danau ini terjadi karena ada gabungan dua kekuatan yang terjadi bersama-sama, yaitu tektonik dan vulkanik. Contoh : Danau Toba di Sumatera Utara.

 

Danau es/ glasial


Danau es terjadi karena erosi gletsyer. Pencairan es akibat erosi akan mengisi cekungan-kekungan yang dilalui sehingga terbentuk danau. Contoh danau ini banyak terdapat di perbatasan antara Amerika dan Kanada, yaitu Danau Superior, Danau Michigan dan Danau Ontario.

Danau Karst (dolina)


Jenis danau karst yang terdapat di daera kapur dan terbentuk akibat proses erosi atau pelarutan batu kapur sehingga mengakibatkan cekungan yang kemudian terisi oleh air. Contoh danau karst di daerah pegunungan kapur di Yogyakarta.

 

Danau buatan  atau waduk


Danau ini sengaja dibuat oleh manusia dengan cara membendung sungai. Contoh : Waduk Saguling, Citarum. Dan Jatiluhur di Jawa Barat; Riam kanan dan Riam kiri di Kalimantan Selatan; serta Rawa Pening, Kedung Ombo, dan Gajah Mungkur di Jawa Tengah.

 

Manfaat danau dan danau buatan


Danau berperan sangat besar bagi kehidupan manusia. Kita sering melihat banyak daerah kekeringan pada saat kemarau tiba. Melihat hal demikian, maka di daerah tersebut dibuat danau dengan tujuan sebagai berikut :
•    Untuk pengatur tata air agar tidak mudah banjir.
•    Untuk pembangkit listrik.
•    Untuk perikanan darat.
•    Untuk irigasi.
•    Untuk olahraga dan rekreasi.
•    Untuk lalu lintas air.
•    Untuk mencegah erosi
 
Untuk mencegah kelestarian danau, berikut ini adalah beberapa usaha yang bisa kita lakukan :
•    Penghijauan pada hulu sungai.
•    Reboisasi pada lingkungan danau.
•    Memperkecil tingkat pencemaran.
 

pengertian, jenis dan manfaat danau
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian danau, jenis-jenis danau dan manfaat danau. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar