Sabtu, 26 November 2016

perbedaan letak dan bentuk muka bumi

Perbedaan letak dan bentuk muka bumi tersebut mempunyai pengaruh yang bermacam-macam, antara lain :
  1. Perbedaan suhu berpengaruh pada jenis tanaman.
  2. Penentuan keberadaan mineral-mineral yang dikandung oleh batuan.
  3. Penentuan kepadatan penduduk, misalnya tempat-tempat dengan kondisi geomorfologi yang baik umumnya berkepadatan penduduk tinggi. Daerah yang subur dan kaya barang tambang lebih padat penduduknya dari pada daerah yang tandus.
  4. Daerah yang subur dengan cukup curah hujan umumnya kaya vegetasi dan pada daerah yang banyak vegetasi umumnya terdapat banyak fauna.
  5. Perencanaan pembangunan, jembatan-jembatan, gedung-gedung, rel kereta api, atau jalan raya yang harus memperhitungkan keadaan geomorfologi dan geologi setiap daerah.

Pengendapan atau sedimentasi


Pengendapan atau sedimentasi adalah proses pengendapan hasil pelapukan, pengikisan, dan gerakan tanah ke suatu tempat yang lebih rendah, misalnya di tepi dan hilir sungai. Dengan demikian, sedimentasi adalah peristiwa pengendapan material batuan yang telah diangkut (dipindahkan) oleh tenaga erosi yang lebih rendah.
 
Sedimentasi adalah salah satu jenis tenaga eksogen. Sedimentasi atau pengendapan yang dilakukan secara terus-menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat mengubah bentuk permukaan bumi. Contoh, terbentuknya delta sungai.
 
Di laut dangkal, proses sedimentasi dapat menghasilkan suatu dataran rendah. Sebuah aliran sungai yang membawa material akan diendapkan di laut dan secara berangsur-angsur dapat membentuk sebuah daratan. Contoh, di pantai timur Sumatera.
 

Denudasi


Denudasi adalah salah satu contoh tenaga eksogen yang mengakibatkan perendahan relief daratan.  Karena denudasi, permukaan bumi semakin berkurang ketinggiannya. Pegunungan dan perbukitan makin lama makin rendah, karena proses tenaga eksogen seperti pelapukan, erosi, tanah longor dan kemudian terjadi proses pengangkutan atau transportasi dan sedimentasi. Bentuk muka bumi akibat denudasi ialah penelpain yaitu dataran yang luas dan semakin melandai  ke laut. Peneplain terluas di dunia adalah di bagian utara Siberia.
 
pengertian dan jenis tenaga eksogen
Demikianlah penjelasan mengenai tenaga eksogen dan jenis-jenis tenaga eksogen atau bentuk-bentuk tenaga eksogen. Semoga tulisan ini memberi wawasan baru kepada kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar